MENJAGA KESUBURAN LELAKI

Monday, June 16, 2008

1.Redakan stress
Walaupun doktor belum tahu mengapa stress yang berlebihan dapat mengurangi hitungan sperma, mempraktikkan teknik-teknik meredakan stress seperti biofeedback atau relaksasi otot progresif ada manafaatnya. Usahakan agar ghairah anda memuncak kerana laki-laki yang sangat terangsang ketika sedang bersanggama memancarkan semen lebih banyak dan menghasilkan sperma lebih kuat. Usahakan agar percumbuan atau foreplay anda berlangsung sekurangnya 20 menit.

2. Tambah pengambilan vitamin C.
Kekurangan vitamin C boleh menyebabkan sperma menggumpal, dan hal ini mencapai 16 persen di antara semua laki-laki yang mandul. Dan beberapa studi telah menunjukkan bahwa suplemen vitamin C setiap hari ternyata meningkatkan kesuburan di kalangan laki-laki perokok. Vitamin C adalah antioksidan yang membuat membran-membran sel menjadi stabil dan ini bermanfaat bagi sperma. Buah-buahan seperti limau, mangga, tembikai, strawberi dan sayuran seperti brokoli, tomato adalah makanan yang kaya dengan vitamin C.


3.Atur jadwal.
Hindari hubungan intim selama dua hingga lima hari sebelum pasangan menurut akan mengalami ovulasi. Ini akan meningkatkan hitungan sperma, dan percentage sperma sihat yang akan dipancarkan akan lebih tinggi.


4.Jangan bersukan berlebihan.
Orang yang bersukan secara keterlaluan boleh mengurangi hitungan sperma mereka kerana suhu yang meningkat di sekitar testis selama kegiatan yang sangat mengerahkan tenaga. Dalam sebuah studi di AS, para peneliti menemukan bahwa para pelari yang berlatih lebih daripada 90 kilometer seminggu mempunyai hitungan sperma lebih rendah dan sel-sel sperma kurang matang daripada laki-laki berlari kurang daripada 50 kilometer seminggu. Namun, latihan aerobik yang sederhana seperti berjalan cepat atau berenang, tiga kali seminggu, masing-masing selama 20 minit, tidak akan mempengaruhi produksi sperma


5. Pakai seluar boxer
Walaupun mungkin tidak seefektif yang diyakini oleh sebagian orang, mengganti seluar dalam ketat dengan seluar boxer mungkin dapat menaikkan hitungan sperma , kerana testis akan lebih sejuk.

6. Turunkan berat beberapa kilogram.
Apabila anda terlebih berat badan, menurunkan berat beberapa kilogram mungkin meningkatkan kesuburan anda. Apabila anda terlebih berat badan, jaringan lemak dapat membungkus testis anda, menaikkan suhu di situ dan membunuh sperma di dalamnya


7. Cermati antibiotik yang anda ambil.
Walaupun antibiotik begitu berperanan dalam kemandulan, ada beberapa jenis yang terbukti mempengaruhi mutu sperma dengan menurunkan hitungan sperma dan kelincahan gerak sperma, atau kemampuan "berenang" sperma. Yang tergolong kelompok ini adalah nitrofuran, contohnya nitrofurazone, dan macrolides, misalnya eritromisin.


8. Simpan pelincir Anda.
Jeli atau bahan pelincir lain mungkin membuatkan hubungan intim lebih lancar, tetapi bahan ini dapat mengurangi kelincahan sperma, apalagi kalau yang mengandung spermisida.


9.Berhenti merokok.
Jika anda merokok, peluang anda untuk menjadi seorang ayah terbang bersama asap rokok. Merokok tampaknya mempunyai kaitan dengan lamban dan rendahnya hitungan-sperma dan selain itu, penelitian menemukan bahwa keguguran meningkat 64 persen apabila kedua pasangan merokok atau bahkan meskipun hanya sang laki-laki yang merokok.


10.Hindari obat terlarang.
Penggunaan mariuana dan ubat-ubat terlarang lain dalam tempoh yang lama menyebabkan turunnya hitungan sperma dan tidak normalnya pola perkembangan sperma

0 iMPiaN: